Blog-nya Mba Ani yang berisi: "Rangkuman Materi, Soal Latihan, dan Pendalaman Materi SD (Kurikulum 2013)"

Sabtu, 19 Oktober 2019

IPA Kelas 6 SD Tema 5 Subtema 3: Ayo, Belajar Berwirausaha

A. Medan Magnet

Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet. Di daerah inilah magnet memiliki kekuatan untuk menarik benda.

Medan magnet tidak terlihat tetapi ada cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui letak daerah medan magnet ini. Caranya adalah dengan menaburkan serbuk besi di sekitar magnet. Serbuk besi yang ada di sekitar magnet akan membentuk garis gaya magnet.

Hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.
=======================================================================

B. Cara Membuat Magnet

Benda yang dapat digunakan untuk membuat magnet adalah besi dan baja. Seperti yang sudah dibahas di pos sebelumnya, besi lebih mudah untuk dibuat magnet, tetapi akan cepat hilang juga sifat kemagnetannya. Sedangkan baja sebaliknya, akan lebih sulit dan lama untuk dibuat magnet, tapi sifat kemagnetannya akan bertahan lama.

Ada 3 macam cara untuk membuat magnet yaitu: gosokan, induksi, dan aliran listrik.
  1. Membuat magnet dengan gosokan
    Caranya adalah dengan menggosokkan magnet secara searah pada benda magnetis, seperti besi dan baja. Gosokkan dilakukan secara searah dan harus selalu menggunakan kutub yang sama. Jangan berubah-ubah. Semakin lama waktu penggosokkan, maka akan semakin kuat dan lama sifat kemagnetan besi atau baja tersebut.
  2. Membuat magnet dengan induksi

    Caranya adalah dengan mendekatkan benda magnetis pada magnet seperti pada gambar di atas. Contohnya: paku, besi batangan, pipa bisa, dll. Besi didekatkan dengan magnet, lalu secara otomatis besi tersebut akan memiliki kekuatan gaya magnet dan dapat menarik benda-benda magnetis lainnya, seperti paku kecil atau peniti. Namun, perlu diketahui bahwa sifat kemagnetan pada magnet yang dibuat secara induksi adalah sementara. Jika magnet dilepas, maka sifat kemagnetan pada besi dan paku juga akan hilang dan mereka kembali menjadi logam biasa seperti semula.
  3. Membuat magnet dengan aliran listrik

    Caranya adalah dengan melilitkan kabel yang sudah dialiri listrik pada benda magnetis yang akan dibuat magne, misalnya silinder besi. Kedua ujung kabel/kawat dihubungkan dengan baterai atau sumber energi listrik yang lain. Magnet yang dibuat dengan dialiri listrik ini disebut dengan elektromagnet. Elektromagnet dapat menarik benda magnetis lain jika terhubung dengan sumber listrik. Sama seperti induksi, jika sumber listrik dilepas, maka sifat kemagnetannya pun akan hilang.
    Elektromagnet banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada telepon, pengeras suara, krane, dan peralatan rumah sakit (alat USG, EKG, dll).
=======================================================================
Sekian dulu rangkuman materi Muatan IPA untuk Kelas 6 SD, Tema 5, Subtema 3 tentang Ayo Belajar Berwirausaha. Semoga bermanfaat! 😁
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar :)

Postingan Populer